Memudahkan Aktivitas Pelaku Usaha Kuliner dengan BMC dan Digital Marketing bersama KKN UM di Wisata Sumber Banteng Kota Kediri

....

Teknologi bisa membawa banyak dampak positif kepada masyarakat, seperti mendorong masyarakat agar semakin berinovasi dan berkembang sehingga bisa beradaptasi pada era yang serba canggih ini. Dengan ini, para pelaku usaha terutama kuliner di Wisata Sumber Banteng Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri dapat mengambil kesempatan untuk memperluas jangkauan usaha agar memperoleh lebih banyak pelanggan hingga keuntungan yang didapat semakin banyak.

Dalam hal ini, desa wisata dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk mengenalkan daya tariknya kepada calon wisatawan, sehingga proses interaksi dalam industri atau bisnis pariwisata dapat terjalin dan terukur karena data dapat tersimpan online. Banyak keuntungan yang diperoleh dari berjualan di marketplace seperti biaya operasional yang rendah, mendapatkan pengunjung dengan mudah, teknis berjualan di marketplace sangat mudah dan real time.

Akan tetapi kondisi beberapa pelaku usaha kuliner di Wisata Sumber Banteng daerah Kelurahan Tempurejo masih memiliki tingkat literasi teknologi yang rendah. Di Desa Wisata Sumber Banteng misalnya, meski sudah cukup banyak terekspose di media digital, namun belum secara jelas menampilkan aktivitas wisata unggulan yang bisa dilakukan wisatawan.

Diakui bahwa sistem promosi dan penjualan aktivitas wisata di Kelurahan Tempurejo masih mengandalkan relasi dari teman ke teman. Transaksi juga masih dilakukan dengan metode konvensional. Mengamati permasalahan dan kondisi promosi produk desa wisata di Kota Kediri khususnya Desa Wisata Sumber Banteng, menunjukkkan bahwa digitalisasi desa wisata sangat perlu untuk dilakukan. Oleh karena itu, fenomena ini melatarbelakangi sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang untuk memberikan sosialisasi dukungan kuliner Business Model Canva (BMC) dan Digital Marketing guna meningkatkan usaha kuliner para pelaku usaha. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 juli 2022 mulai dari pukul 14.00 – 15.30 WIB yang berlokasi di Wisata Sumber Banteng.

Adanya  sosialisasi ini guna untuk menumbuhkan wawasan pelaku usaha di Wisata Sumber Banteng pada Business Model Canva (BMC) harapannya pelaku usaha di lokasi Wisata Sumber Banteng dapat merancang dan menciptakan strategi pada usaha milik mereka, memudahkan para pelaku usaha yang ingin merintis usaha baru lagi dengan menerapkan model BMC ini, dapat menentukan sebuah keputusan yang akan di ambil mengenai kemajuan kedepan bagi usahanya, memudahkan dalam menganalisis kekurangan dan kelebihan yang dimiliki para pelaku usaha. Sehingga hasil yang diperoleh adalah dimana BMC pada usaha kuliner di Sumber Banteng perlu adanya beberapa penyesuaian agar lebih maksimal. Selain itu  memberikan wawasan baru untuk pelaku usaha Wisata Sumber Banteng tentang penggunaan aplikasi E-Money (DANA), membantu cara pengoprasian penggunaan aplikasi sosial media instagram,  membuat pelaku usaha kuliner lebih peka terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang ada.

Selain itu kami juga menawarkan jasa design dan print banner secara gratis pada pelaku usaha kuliner di Wisata Sumber Banteng dan juga melakukan pemasangan banner yang dilaksanakan pada hari Kamis, 07 Juli 2022 pukul 14.30 – 17.00 WIB berlokasi di warung Wisata Sumber Banteng, hal ini dilakukan sebagai salah satu implementasi dari kegiatan program kerja sosialisasi kami.